Kali ini aku akan menjelaskan
mengenai Fungsi Lookup. Fungsi
lookup merupakan fungsi bantuan references pada Ms. Excel.
-
Vlookup digunakan untuk menentukan suatu nilai tertentu berdasarkan kondisi dimana data diambil dari tabel sumber secara vertikal.Sintaks=VLOOKUP(lookup_value;table_array;col_index_num;[range_lookup])Lookup_value : nilai yang dicari pada kolom (vlookup) pertama dari table array (table referensi)Tabel_array : tabel sumber data atau table suatu text, angka atau nilai logikal dimana data akan diambilCol_index_num : nomor/urutan kolom pada table referensi dimana data akan diambilRange_lookup : nilai logikal
- Hlookup digunakan untuk
menentukan suatu nilai tertentu berdasarkan kondisi dimana data diambil dari
tabel sumber secara horizontal.
Sintaks=HLOOKUP(lookup_value;table_array;row_index_num;[range_lookup])Lookup_value : nilai yang dicari pada baris (hlookup) pertama dari table array (table referensi)Tabel_array : tabel sumber data atau table suatu text, angka atau nilai logikal dimana data akan diambilRow_index_num : nomor/urutan baris pada table referensi dimana data akan diambilRange_lookup : nilai logikalContoh Penggunaan VLOOKUP dan HLOOKUPKali ini kita akan membuat daftar penghasilan.
- Buatlah tabel dengan data berupa nama pegawai, golongan, dan tabel untuk daftar gaji setiap golongan
2. Untuk mengisi kolom gaji pokok pegawai, kita dapat menggunakan fungsi VLOOKUP dan menggunakan 2 tabel yang telah disediakan. Ketik formula =VLOOKUP(B6;$M$6:$P$25;2) pada sel D6.
3. Ulangi langkah kedua untuk mengisi kolom tunjangan dan transport, tetapi kita perlu mengganti sintaks col_index_num pada rumusnya menjadi 3 untuk tunjangan dan 4 untuk transportTunjangan : =VLOOKUP(B6;$M$6:$P$25;3).
Transport : =VLOOKUP(B6;$M$6:$P$25;4).
4. Untuk tunjangan suami/istri kita perlu menggunakan fungsi logika IF yang telah kita pelajari sebelumnya. Logikal testnya jika pegawai sudah menikah maka ia mendapatkan tunjangan suami/istri jadi jika diaplikasikan dalam rumus menjadi =IF(H6="K";D6*10%;0)
5. Untuk mendapatkan total gaji, kita hanya perlu menjumlahkan gaji pokok, tunjangan, transport, dan tunjangan suami/istri. Ketik formula =SUM(D6;E6;F6:G6) pada sel I6.6. Buatlah daftar tarif pajak untuk setiap golongan
7. Pada kolom pajak, kita dapat mengisinya dengan menggunakan Fungsi HLOOKUP dengan formula =HLOOKUP(B6;$D$33:$W$34;2;FALSE)*I6
8. Gaji bersih merupakan selisih dari gaji pokok dengan pajak. Kita dapat menggunakan rumus =I6-J6
Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ^^Thank you :)
- Buatlah tabel dengan data berupa nama pegawai, golongan, dan tabel untuk daftar gaji setiap golongan
0 komentar:
Posting Komentar