Penggunaan Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP

by 05.41 0 komentar



         Kali ini aku akan menjelaskan mengenai Fungsi Lookup. Fungsi lookup merupakan fungsi bantuan references pada Ms. Excel.


  1. Vlookup digunakan untuk menentukan suatu nilai tertentu berdasarkan kondisi dimana data diambil dari tabel sumber secara vertikal.
    Sintaks
     =VLOOKUP(lookup_value;table_array;col_index_num;[range_lookup])
    Lookup_value       : nilai yang dicari pada kolom (vlookup) pertama dari table array (table referensi)
    Tabel_array           : tabel sumber data atau table suatu text, angka atau nilai logikal dimana data akan diambil
    Col_index_num   : nomor/urutan kolom pada table referensi dimana data akan diambil
    Range_lookup      : nilai logikal

     
  2.  Hlookup digunakan untuk menentukan suatu nilai tertentu berdasarkan kondisi dimana data diambil dari tabel sumber secara horizontal.
    Sintaks
    =HLOOKUP(lookup_value;table_array;row_index_num;[range_lookup])
    Lookup_value                   : nilai yang dicari pada baris (hlookup) pertama dari table array (table referensi)
    Tabel_array                       : tabel sumber data atau table suatu text, angka atau nilai logikal dimana data akan diambil
    Row_index_num            : nomor/urutan baris pada table referensi dimana data akan diambil
    Range_lookup                  : nilai logikal

    Contoh Penggunaan VLOOKUP dan HLOOKUP
    Kali ini kita akan membuat daftar penghasilan. 

    1.  Buatlah tabel dengan data berupa nama pegawai, golongan, dan tabel untuk daftar gaji setiap golongan
      2. Untuk mengisi kolom gaji pokok pegawai, kita dapat menggunakan fungsi VLOOKUP dan menggunakan 2 tabel yang telah disediakan. Ketik formula =VLOOKUP(B6;$M$6:$P$25;2) pada sel D6.


      3. Ulangi langkah kedua untuk mengisi kolom tunjangan dan transport, tetapi kita perlu mengganti sintaks col_index_num pada rumusnya menjadi 3 untuk tunjangan dan 4 untuk transport
                  Tunjangan       : =VLOOKUP(B6;$M$6:$P$25;3).

                  Transport        : =VLOOKUP(B6;$M$6:$P$25;4).



      4. Untuk tunjangan suami/istri kita perlu menggunakan fungsi logika IF yang telah kita pelajari sebelumnya. Logikal testnya jika pegawai sudah menikah maka ia mendapatkan tunjangan suami/istri jadi jika diaplikasikan dalam rumus menjadi =IF(H6="K";D6*10%;0)


      5. Untuk mendapatkan total gaji, kita hanya perlu menjumlahkan gaji pokok, tunjangan, transport, dan tunjangan suami/istri. Ketik formula =SUM(D6;E6;F6:G6) pada sel I6.

      6. Buatlah daftar tarif pajak untuk setiap golongan


      7. Pada kolom pajak, kita dapat mengisinya dengan menggunakan Fungsi HLOOKUP dengan formula =HLOOKUP(B6;$D$33:$W$34;2;FALSE)*I6
       
      8. Gaji bersih merupakan selisih dari gaji pokok dengan pajak. Kita dapat menggunakan rumus =I6-J6
       
      Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ^^
      Thank you :)

       


       
       

Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar